Beranda | DPMPTSP Kab.Padang Lawas Utara
Rincian Tugas

KEPALA DINAS
1. Perumusan dan penetapan rencana strategis dan rencana kerja Dinas sesuai dengan visi dan misi daerah
2. Penetapan pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan urusan lingkup bidang penanaman modal, pelayanan perizinan bidang pemerintahan, pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan rakyat serta pengawasan dan pengendaliannya
3. Pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas bagian Sekretariat, Bidang-bidang dan Kelompok Jabatan Fungsional
4. Pembinaan administrasi pelayanan penanaman modal, perizinan dan non perizinan serta administrasi perkantoran
5. Pemberian pelayanan dan pembinaan kepada unsur terkait di bidang penanaman modal, pelayanan perizinan bidang pemerintahan, pembangunan, ekonomi dan kesejahteraan rakyat serta pengawasan dan pengendaliannya dan pelaksanaan hubungan kerja sama dengan SKPD Teknis, Lembaga/Instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Dinas
6. Pembinaan dan pengembangan karir pegawai Dinas
7. Pelaksanaan tugas selaku Pengguna Anggaran/Pengguna Barang
8. Penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku
9. Pemberian Laporan Pertanggungjawaban tugas Dinas kepada Bupati melalui Sekretariat Dinas dan Laporan Kinerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku
10. Penyelenggaraan tugas lainnya yang diberikan oleh Bupati

SEKRETARIS
1. Pengkoordinasian penyusunan dan perumusan bersama kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis Dinas
2. Penyusunan bersama program kerja dan rencana kegiatan Dinas berdasarkan pada visi dan misi Dinas
3. Penyusunan program kerja dan rencana kegiatan Sekretariat Dinas
4. Pengelolaan ketatausahaan perkantoran serta penelaahan dan pengkajian konsep naskah dinas dan produk hukum lingkup Dinas
5. Pembinaan dan pengendalian administrasi keuangan dan kepegawaian Dinas
6. Perumusan bahan rencana kebutuhan belanja langsung dan belanja tidak langsung serta bahan rencana kebutuhan, pemanfaatan dan pemeliharaan barang inventaris Dinas
7. Penyelenggaraan pelayanan kehumasan
8. Pengkoordinasian, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas bawahan
9. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya sesuai perintah Kepala Dinas
10. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan kegiatan bagian Sekretariat dan kegiatan Dinas secara berkala

BIDANG PENANAMAN MODAL
1. Penyusunan program dan rencana kegiatan Bidang Penanaman Modal untuk selanjutnya dibuat menjadi rencana kegiatan Dinas
2. Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya
3. Pelaksanaan sebagian tugas Dinas di Bidang Penanaman Modal
4. Pelaksanaan kegiatan promosi penanaman modal
5. Penyusunan bahan, sarana dan prasarana promosi penanaman modal
6. Pengembangan potensi dan peluang penanaman modal lingkup daerah dengan memberdayakan badan usaha melalui penanaman modal
7. Meningkatkan kemitraan dan daya saing penanaman modal lingkup daerah
8. Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan
9. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

BIDANG PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN A
1. Penyusunan program dan rencana kegiatan Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan A untuk selanjutnya dibuat menjadi rencana kegiatan Dinas
2. Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya
3. Pelaksanaan sebagian tugas dinas di Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan A
4. Melaksanakan, mengolah, memeriksa, memverifikasi, mengidentifikasi, mengkoordinasikan, memvalidasi, mengevaluasi, mengadministrasi dan menerbitkan perizinan dan non perizinan A, yang meliputi:
1) Izin Lokasi
2) Izin Usaha Perkebunan
3) Izin Usaha Perkebunan untuk Budidaya
4) Izin Usaha Perkebunan untuk Pengolahan
5) Izin Mendirikan Bangunan
6) Izin Pendirian dan Operasional Rumah Sakit
7) Izin Puskesmas
8) Izin Klinik
9) Izin Apotik
10) Izin Toko Obat
11) Izin Pengobatan Tradisional
12) Izin Praktek Apoteker
13) Izin Kerja Asisten Apoteker
14) Izin Praktek Bersama Dokter Umum/Gigi/Spesialis
15) Izin Praktek Bidan
16) Izin Kerja Bidan
17) Izin Praktek Perawat
18) Izin Kerja Perawat
19) Izin Praktek Dokter Hewan
20) Izin Pendirian dan Operasional Satuan Pendidikan Formal (TK, SD, SMP)
21) Izin Pendirian dan Operasional Satuan Pendidikan Non Formal (TPA, Kelompok Bermain, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Pendidikan Kesetaraan A, B, C dan sejenisnya)
22) Izin Mendirikan Lembaga Pelatihan Swasta
23) Izin Instalasi Penyaluran Petir
24) Izin Usaha Perikanan
25) Izin Usaha Peternakan
26) Izin Gangguan Industri/Non Industri (Permendagri 19/2017)
27) Izin Trayek
28) Izin Penjualan Minuman Beralkohol
29) Izin Lingkungan
30) Izin Air Minum Dalam Kemasan
31) Izin Prinsip Penanaman Modal
32) Izin Prinsip Perubahan Penanaman Modal
33) Izin Prinsip Perluasan Penanaman Modal
5. Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan
6. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

BIDANG PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN B
1. Penyusunan program dan rencana kegiatan Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan B untuk selanjutnya dibuat menjadi rencana kegiatan Dinas
2. Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya
3. Pelaksanaan sebagian tugas dinas di Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan B
4. Melaksanakan, mengolah, memeriksa, memverifikasi, mengidentifikasi, mengkoordinasikan, memvalidasi, mengevaluasi, mengadministrasi dan menerbitkan perizinan dan non perizinan B, yang meliputi:
1) Izin Prinsip
2) Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan
3) Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuki Budidaya
4) Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Pengolahan
5) Izin Usaha Jasa Konstruksi
6) Izin Depot Air Minum
7) Izin Pengolahan/Pemanfaatan Limbah Cair Industri
8) Izin Pembuangan Limbah Cair ke Air/Sumber Air
9) Izin Pemanfaatan Limbah Cair ke Tanah untuk Aplikasi pada Tanah (Land Aplication)
10) Izin Pengumpulan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun
11) Izin Penyimpanan Sementara Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun
12) Izin Usaha Perdagangan
13) Tanda Daftar Perusahaan
14) Izin Usaha Toko Modern/Swalayan
15) Izin Pengelolaan Pasar Tradisional
16) Izin Usaha Restoran, Rumah Makan, Cafe, Tempat Makanan dan Jasa Boga
17) Rekomendasi/Izin Operasi Angkutan Orang/Barang dengan Kendaraan Umum
18) Izin Usaha Angkutan Pariwisata/Barang dengan Kendaraan Umum
19) Izin Hiburan dan Rekreasi
20) Izin Usaha Perhotelan/Penginapan dan sejenisnya
21) Izin Usaha Salon Kecantikan dan sejenisnya
22) Izin Usaha Industri
23) Tanda Daftar Industri
24) Izin Perluasan Industri
25) Izin Usaha Budidaya Tanaman Hortikultura dan Tanaman Pangan
26) Izin Reklame
27) Tanda Daftar Gudang
28) Izin Usaha Rumah Potong Hewan/Rumah Potong Unggas
29) Rekomendasi Izin Pembangunan Bandar Udara
30) Izin Usaha Penanaman Modal
31) Izin Usaha Perubahan Penanaman Modal
32) Izin Usaha Perluasan Penanaman Modal
33) Izin Usaha Penggabungan Perusahaan Penanaman Modal (Merger)
5. Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan
6. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

BIDANG PENGADUAN, KEBIJAKAN DAN PELAPORAN LAYANAN
1. Penyusunan program dan rencana kegiatan Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan untuk selanjutnya dibuat menjadi rencana kegiatan Dinas
2. Penyiapan bahan penyusunan dan perumusan kebijakan, petunjuk teknis serta rencana strategis sesuai lingkup tugasnya
3. Pelaksanaan sebagian tugas dinas di Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Layanan
4. Pelaksanaan verifikasi/validasi dan pengolahan data perizinan dan non perizinan penanaman modal
5. Pelaksanaan analisa dan evaluasi data perizinan dan non perizinan penanaman modal
6. Pembangunan dan pengembangan serta pengelolaan sistem informasi penanaman modal
7. Pelaksanaan pemantauan realisasi penanaman modal berdasarkan sektor usaha dan wilayah
8. Pelaksanaan pembinaan dan fasilitasi penyelesaian permasalahan penanaman modal
9. Pelaksanaan pengawasan kepatuhan dan kewajiban perusahaan penanaman modal sesuai ketentuan kegiatan usaha dan peraturan perundang-undangan
10. Penyiapan bahan pembinaan teknis dan evaluasi kegiatan
11. Pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Dinas

Info Penerimaan Tamu
Hari Jam Penerimaan
Selasa 09.00 - 13.00 WIB
Rabu 09.00 - 13.00 WIB
Kamis 09.00 - 13.00 WIB

Keterangan : LIHAT DI PENGUMUMAN

Aplikasi Terkait